Posted by : ani suryani Sunday, August 31, 2014

Berkemah di Buper Aur Ketu Sembalun Lawang gunung rinjani
Kawasan Gunung Rinjani tidak hanya cenderung dengan pendakian. Bagi yang tidak suka mendaki tapi anda mau melihat keindahan taman nasional jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati keindahan taman nasional ini dengan berkemah di Aur Ketu Sembalun Lawang yang berada di bawah kaki gunung Rinjani.
Selain pemandangan alamnya yang asri, Aur Ketu merupakani tanah yang subur karena berada di area pegunungan vulkanik dengan tanah yang gembur hitam dan kaya unsur hara. Di daerah ini  terdapat pohon mahoni yang ditanam oleh para petani. Dengan akses jalan menuju Aur Ketu yang lumayan mudah, kini banyak wisatawan yang memilih Aur Ketu sebagai tempat berkemah yang ideal. Yang menarik, berkemah di Aur Ketu tidak usah membawa tenda karena di area lahan ini hampir semua petani mendirikan gubug-gubug di sawah. Jika ingin merasakan sensasi menginap di gubug para petani itu, Anda bisa meminta ijin dan bermalam merasakan dinginnya udara kawasan gunung  Rinjani.
Saat Pagi hari mungkin akan menjadi momen yang menyenangkan untuk para pengunjung yang berkemah di sini. Kawasan ini masih diselimuti kabut. Di kejauhan kita akan melihat gunung Rinjani dengan gagahnya “melindungi” Aur Ketu. Sejauh  mata memandang alam yang hijau akan memanjakanmata  kita. Dinginnya suhu di Aur Ketu bisa dinikmati dengan hangatnya secangkir kopi yang biasa disantap oleh para pengunjung yang berkemah. Kendati tetap akan menggigil, namun hangatnya kopi akan sedikit membuat tubuh Anda menjadi hangat dan terasa segar.
Aur ketu berlokasi di desa Sembalun Lawang yang berada di ketinggian 1156 mdpl di kaki utara Gunung Rinjani yang menjulang di 3.726 mdpl. Di pedesaan ini mempunyai suhu hawa yang dingin dengan hamparan sawah – salah satunya Aur Ketu – dan hutan tropis yang teduh. Desa ini dikelilingi oleh tebing bebatuan dengan kemiringan hampir  90 derajat.

Kuliner  khas masyarakat Sembalun Lawang adalah kopi susu dan pisang goreng. Dinginnnya Sembalun berharap bisa dikalahkan dengan hangatnya kudapan ini. Bagi penghobi fotografi, pemandangan Sembalun termasuk Aur Ketu adalah momen yang wajib diabadikan.suasana sunset  Matahari terbit yang cantik dan pemandangan alam memesona tidak akan mudah anda lupakan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © wisata lombok - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -