Posted by : ani suryani Monday, September 1, 2014

5 Tempat Wisata Belanja di Lombok

Pulau lombok selain mempunyai keindahan alam baik wisata pantai,pulau,gili maupun wisata pegungungan pulau lombok juga mempunyai beberapa tempat yang menyediakan oleh-oleh untuk di bawa pulang ke rumah anda soalnya Tak lengkap rasanya liburan tanpa membawa oleh-oleh. Hasil karya dari Buah tangan dari pulau ini akan menjadi kenang-kenangan tak lekang oleh jaman yang menunjukkan bahwa kita pernah menikmati keindahan- keindahan Lombok. lima destinasi wisata belanja di Lombok ini akan membuat Anda tidak hanya kaya cerita namun juga barang-barang yang unik dan menarik.
1. Pasar Cakranegara
Pasar Cakranegara merupakan pusat oleh-oleh khas Lombok seperti  kaos Lombok,tas dan aneka cinderamata lainnya dengan harga yang sangat murah. Di pasar ini terdapat banyak toko yang menjual cinderamata asli lombok. Harganya pun sangat ekonomis dibandingkan dengan daerah wisata lainnya. Oleh-oleh makanan khas Lombok seperti manisan rumuput laut juga bisa peroleh disini. Bagi yang tidak punya waktu untuk mengunjungi sentra kerajinan di berbagai tempat, Pasar Cakranegara bisa menjadi alternatif utama mencari oleh-oleh
2. Pasar Seni Sayang Sayang
Pasar Seni Sayang-Sayang terdiri dari art shop-art shop yang menjual berbagai cenderamata ciri yang khas pulau  Lombok seperti kerajinan memahat batu,kerajinan bambu, kerajinan kayu, kerang, ketak, dan asesoris yang cantik. Tidak hanya ituselain itu  pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai jenis pakaian khas lombok, kaos dan kain untuk oleh-oleh ke rumah. Beberapa makanan khas Lombok yang bisa diperoleh disini adalah dodol, manisan rumput laut lombok yang di buat langsung di pabrik lombok sehingga rasanya masih alami,, manisan tomat, kacang lilit, madu lebah putih dan lain-lain. Pasar Seni Sayang-sayang terletak di Mataram.

3. Sukarara
Bagi wisatawan yang menyukai berbagai ragam kain nusantara mampirlah ke Sukarara. Desa  ini berlokasi di kecamatan Jonggot, kabupaten Lombok Tengah,tempat ini merupaka n tempat sentra penghasil kain songket khas Lombok. Meskipun masih menggunakan alat tradisional namun hasilnya mempinyai  keindahan kain songket Sukarara sudah menjadi buah bibir. Disini Anda akan melihat para wanita memperagakan keahlian menenunnya.
4. Banyumulek, Penunjak, Masbagik
keempat banyumulek daerah ini merupakan sentra penghasil gerabah. Banyumulek berada di kecamatan Kediri, kabupaten Lombok Barat, Penunjak berada di kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah sedangkan Masbagik ada di Lombok Timur. Masing-masing daerah ini memiliki karakter produk yang berbeda-beda namun ketiganya sama-sama menghasilkan yang cantik . Pengrajin di Masbagik memanfaatkan dekorasi toreh dan motif geometris serta penggunaan kerang laut sebagai hiasan. Di Penunjak dikenal dengan bentuk cerek maling. Di Banyumulek Anda bisa menemukan berbagai bentuk tembikar seperti periuk, gentong, anglo, wajan, kuali dan lain-lain.
5. Dusun Sade

Dusun Sade merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah. Di tempat ini pengunjung akan melihat kehidupan tradisional masyarakat suku Sasak. Yang paling terlihat menonjol adalah bentuk rumah mereka yang terbuat dari bambu dengan kombinasi kayu. Mata pencaharian mereka berbeda beda , wanita di dusun ini bermatapencaharian sebagai penenun maka Anda akan menemukan banyak art shop yang menjual kain tenun dan cinderamata khas Lombok lainnya. Produk-produk mereka ini menjadi incaran para wisatawan lokal meupun wisatawan asing.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © wisata lombok - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -